Sejarah dan Fakta Unik Tentang MENARA EIFFEL di PARIS




Spoilerfor Gambar Menara Eiffel:

Spoilerfor Sky view:


Struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Pameran Dunia untuk merayakan seabad Revolusi Perancis.



Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona, tapi para pihak Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu.


Spoilerfor Mungkin kalo disetujui Barcelona, jadinya gini gan:



Setelah penolakan itu, Gustav Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu 1889. Lalu Menara ini diresmikan tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka untuk umum tanggal 6 Mei 1889


Dinamai sesuai nama perancangnya, Gustave Eiffel, Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris. Struktur ini memiliki tinggi 325 m yaa kira2 sama kayak gedung bertingkat 81 gan



Menara Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909. Kota telah berencana meruntuhkannya tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri hingga sekarang
  


Mungkin yang jadi pemikiran agan2 sekalian,
gimana sih cara ngerangkai Menara Eiffel jadi kayak sekarang ini ?
Jawabannya gini gan, jadi sebenernya besi yang menyusun menara Eiffel itu dibuat di pabriknya di Champ de Mars (milik Gustav Eiffel sendiri) yang kemudian dibawa ke kota Paris melalui Sungai Seine dalam keadaan tinggal dirangkai. Nah terus tinggal dirakit deh di Paris
Spoilerfor Pengangkatan dari sungai Seine:

Spoilerfor Pembuatan 4 tiang penyangga:



  Fakta-Fakta menarik seputar menara Eiffel :


1. Menara Eiffel dirancang oleh arsitek bernama Stephen Sauvestre, bukan Gustav Eiffel. Gustav Eiffel hanya sebagai pemborong.

2. Pengarang novel Guy de Maupassant — yang membenci menara itu — selalu makan siang di restoran menara setiap hari. Ketika ditanyai mengapa, ia menjawab bahwa itu adalah satu-satunya tempat di Paris dimana dia tidak bisa melihat menara Eiffel tsb.

Spoilerfor Mungkin di sini gan tepatnya:

3. Cat yang dibutuhkan untuk melapisi menara agar tidak berkarat adalah sebanyak 50 ton tiap 7 tahun
4. Di puncak menara Eiffel pernah berkibar bendera Jerman, yaitu saat pasukan Jerman berhasil masuk ke kota Paris.
Spoilerfor Bukti Perancis pernah diduduki pasukan Jerman:

5. Lift yang dimiliki Menara Eiffel adalah lift menara pertama di dunia.
6. Total beratnya 10.000 ton, ya kira-kira sama kayak 300 truk lah gan
7. Hanya memakan 1 korban pekerja

8. Monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi di dunia (200.000.000 pengunjung sejak pertama dibangun)






jumlah komentar : | apa komentar kamu ?



Artikel Terkait


KOTAK KOMENTAR


Informatif dan Kreatif | www.klik77.com