GEMBOK CINTA, Tradisi Unik Bagi Pasangan di Korea Selatan



Tradisi unik pasang gembok di sebuah tempat istimewa di Seoul, Korea selatan, tepatnya di Namsan Seoul Tower. Menara Namsan Seoul di Korsel merupakan sebuah tempat bersejarah yang dimiliki oleh Seoul, yaitu sebuah menara komunikasi dan pengamatan yang terletak di Mountain Namsan, pusat kota Seoul, Korea Selatan. Dibangun pada tahun 1969, dengan biaya sekitar $ 2,5 juta. Dulunya, menara ini berfungsi sebagai pemancar radio, sebelum dibuka untuk umum tahun 1980.

Tingginya mencapai 236,7 meter atau sekitar 777 kaki. Karena letaknya yang tepat di pusat kota, maka Pemandangan di sekitar menara ini sangat menarik untuk dilihat, terlebih lagi jika menaiki menara ini. Dari atas menara bisa melihat pemandangan Kota Seoul dari ketinggian.

Kalau kita ingin menuju ke puncak menara, harus menaiki lift dengan pemandangan visual digital yang seakan sedang membawa kita terbang ke angkasa.

Nah, yang menarik adalah yang ada di atas puncak menara yaitu Gembok Cinta (사랑의 자물쇠). Apa sih gembok cinta itu ? Kok pakai gembok segala?.

Gembok cinta adalah gembok biasa yang dipasang di beberapa sudut N Seoul Tower yang telah disediakan. Gembok ini dipercaya sebagai lambang cinta sepasang kekasih dan kalau memasang gembok yang berisi tulisan atau nama dari sepasang kekasih, kemudian dikaitkan di pagar menara lalu kuncinya dibuang dari atas menara sejauh-jauhnya, sepasang kekasih itu akan abadi dan tidak akan pernah putus. Benarkah?.

Menurut Korea Times, sejarah memasang gembok cinta ini dimulai oleh sepasang kekasih yang terinspirasi hal serupa di Menara Tokyo. Kemudian semakin terkenal setelah sepasang selebriti Korea, Alex dan Sinae datang berkencan di sana dalam acara MBC We Got Married, dan bahkan membuat angka penjualan gembok meningkat tajam.

                       
Karena kejadian ini pernah ditayangkan dalam acara ‘We Got Married’, sehingga mengundang pasangan kekasih lain berbondong-bondong melakukan hal yang sama. Kemudian hal tersebut dijadikan sebuah tradisi yang bernama love lock atau gembok cinta (사랑의 자물쇠) . Tradisi ini juga diabadikan di film Thailand, ‘Hello Stranger’.
      
Saat ini, gembok yang terpasang di pagar N Seoul Tower di dekat Gunung Namsan ini sudah semakin banyak. Pagar yang disediakan pun semakin tidak menampung banyaknya gembok yang dikunci oleh ribuan pasang kekasih. Maklum, hampir setiap hari tempat ini didatangi pasangan kekasih yang lagi jatuh cinta untuk menggantungkan gembok di pagar itu.

Tapi tidak perlu khawatir, di sana telah disediakan pohon cemara yang sengaja disediakan untuk memasang gembok.
    

Gembok-gemboknya pun bervariasi dilihat dari ukuran dan warna. Ada yang besar, kecil, ada yang gambar hati, ada yang berbentuk borgol, dan dengan dihiasi berbagai tulisan yang berisi tentang harapan dan cita-cita. Ada juga yang bahkan sampai menggunakan rantai sepeda. Mungkin biar lebih awet kali ya??.

Para pasangan kekasih ini menggantungkan sepasang gembok yang sudah dituliskan nama, kemudian dikaitkan di pagar menara dan kuncinya dibuang. Melalui gembok yang sengaja dipasang tanpa kunci ini, mereka berharap kisah cintanya akan abadi sepanjang masa.          

Untuk pengunjung yang datang ke sana dan tak punya atau lupa membawa gembok, jangan takut. Disana juga menyediakan tempat yang menjual gembok.

            
Sebaiknya sih kalau ke sini jika sudah bersuami-istri, karena kalau masih pacaran bisa jadi ketika putus, maka gembok itu pun juga harus dibuka, hehe..
     
Memang unik dan menarik tradisi orang korea ini, ada-ada saja cara ungkapan cinta mereka. Cinta pun di gembok dan kuncinya dibuang. Ada yang minat mau kesana??.


     


 

 
                      

           

                
   

              

sumber | klik77.blogspot.com | http://luar-negeri.kompasiana.com/2012/10/05/asli-unik-gembok-cinta-di-korea-499229.html




jumlah komentar : | apa komentar kamu ?



Artikel Terkait


KOTAK KOMENTAR


Informatif dan Kreatif | www.klik77.com