Trik Menyampaikan Keluhan Pada Rekan Kerja Saat Rapat




http://2.bp.blogspot.com/_ywJIjC0h1L8/TEa3SIHlrYI/AAAAAAAACMY/WOr4Vh4Trbs/s1600/771.jpg

Jakarta - Memberikan keluhan pada rekan kerja di depan bos saat rapat, bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Sebab, tak ada orang yang senang dikritik di depan umum. Akan tetapi, terkadang ada situasi dimana Anda harus bisa menyampaikan keluhan itu. Dikutip dari CareerBuilder, berikut ini trik jitu untuk menyampaikan keluhan pada kolega Anda saat rapat.

1. Siapkan Topik
Sebelum rapat, akan lebih baik bila Anda mempersiapkan topik yang akan Anda keluhkan. Saring kembali topiknya, jika ada yang tak penting, sebaiknya jangan disampaikan di depan umum.

2. Pikirkan Lagi
Coba pikirkan dan tanya pada diri sendiri apakah situasi ini akan mempengaruhi kemampuan Anda bekerja atau malah mempengaruhi pekerja yang lain. Pastikan pula keluhan yang Anda alami, juga terjadi pada staf lainnya. Kalau hanya Anda saja yang merasa terganggu dengan rekan kerja, sebaiknya jangan dibicarakan di depan umum.

http://rebanamodern.files.wordpress.com/2012/03/foto-raker.png?w=696&h=250&crop=1

3. Siapkan Solusi
Meskipun mengkritik, tapi Anda juga harus bisa memberikan solusinya. Cobalah bersikap proaktif dalam situasi ini dan pikirkan tentang cara di mana setiap orang bisa merasa nyaman bekerja. Diskusikanlah pada reka kerja yang Anda percaya.

4. Diplomatis
Jangan memberikan kesan memojokkan atau menyalahkan ketika mengutarakan keluhan Anda. Pastikan pula pembicaraan Anda singkat dan mudah dipahami.

5. Tunggu Waktu yang Tepat
Tunggulah waktu yang tepat untuk mengutarakan keluhan Anda. Sebab topik tersebut cukup sensitif. Hindari menyela pembicaraan rekan kerja yang sebenarnya juga sedang menyampaikan keluhannya tentang Anda.

6. Bicara & Dengarkan
Saat Anda berbicara mengenai keluhan, hindari kesan sinis dan emosional. Berilah waktu pada rekan kerja lainnya untuk menyampaikan pendapat mereka tentang masalah tersebut. Jika ada rekan kerja yang tidak setuju, maka tetap usahakan untuk mencari solusinya.



sumber | klik77.blogspot.com | http://wolipop.detik.com/read/2013/05/08/173210/2241429/1133/trik-menyampaikan-keluhan-pada-rekan-kerja-saat-rapat?w992201835




jumlah komentar : | apa komentar kamu ?



Artikel Terkait


KOTAK KOMENTAR


Informatif dan Kreatif | www.klik77.com